Ini Bahaya Tidur Dekat Handphone

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8oTC-VWE41GsbnGJWV5tNDRspxcHrRMX0vg_eOb0GbgA4nmvCCKiAiY_tiprAKCu385R2vHct2wHv3LnoI1uwB62PcmEOjm_7PPLCtoMsJatrXf62Wp4Fqhq22Orjkru4u7tOYVHlQXTl/s1600/Bahaya-Tidur-Dekat-Handphone.png 

Di era yang serba canggih ini memang sulit melepaskan alat elektronik dari genggaman tangan kita, salah satunya adalah handphone. Selain sebagai media komunikasi utama di era ini, handphone juga digunakan sebagai media entertain bagi penggunanya. Maka, sangatlah sulit untuk melepaskan benda satu ini dari jangkauan kita. Bahkan beberapa orang mungkin sampai meletakkan handphone nya di dekat dirinya.

Ternyata tidur dengan keadaan handphone menyala di dekat kita bukanlah tindakan yang bijak, karena berdampak buruk bagi kesehatan. Handphone memiliki pancaran radiasi elektromagnetik yang tinggi yang mana dapat mengganggu susunan syaraf dan bahkan dapat merangsang pertumbuhan tumor dan kanker. Berikut Bahaya Tidur Dekat Handphone:

Merangsang tumbuhnya sel kanker dan tumor
Radiasi yang ditimbulkan oleh handphone memiliki efek merangsang pembelahan sel-sel di tubuh hingga menjadi tidak terkendali. Suatu keadaan pembelahan sel yang tidak terkendali inilah yang kita sebut sebagai kanker.

    Gangguan Tidur
    Menurut sebuah penelitian, dikatakan bahwa radiasi yang ditimbulkan dapat membuat kualitas tidur anda berkurang. Anda dapat terbangun di tengah malam, sulit untuk tidur, tidak dapat tidur dengan nyenyak, hingga bangun dengan keadaan tidak enak badan. 

      https://cloud.shopback.com/c_limit,w_650/blog/id/wp-content/uploads/2016/10/despair-513529_1920-1024x695.jpg

      Mempengaruhi otak dan susunan syaraf pusat
      Otak menjadi salah satu organ yang paling rentan terhadap efek pancaran radiasi dari handphone. Radiasi yang ditimbulkan dapat merusak sel-sel otak dan syaraf. Sehingga tidak menutup kemungkinan akan terjadi kelainan-kelainan syaraf hingga tumor di otak. 
      Berdasarkan penelitian Massachutes Institute Technology, dikatakan bahwa radiasi ini dapat mempengaruhi sistem stress pada otak sehingga akan cenderung lebih rentan terjadi depresi.
      Tak jarang gejala yang muncul dapat berupa nyeri kepala, pusing, mual, bahkan muntah tiba-tiba.


      Mengganggu metabolisme tubuh
      Sebagian besar metabolisme di tubuh kita terjadi saat malam hari hingga subuh. Contohnya hati/hepar akan melakukan proses detoksikasi (penawaran racun) saat malam hari. Namun aktivitasi tersebut akan terganggu dan menjadi tidak optimal bila terkontaminasi oleh radiasi dari handphone yang begitu kuat. Memang tidak akan menimbulkan gejala dalam proses yang cepat, namun bila hal ini dibiarkan terus menerus, suatu saat nanti akan timbul macam penyakit karena kerusakan organ yang bersangkutan. 

      http://kakipromo.com/wp-content/uploads/2016/01/Bahaya-Main-Handphone-sebelum-tidur-kepada-kesihatan.jpg

       Lalu, bagaimana cara mengurangi radiasi yang masuk ke tubuh kita?
      1. Letakkan handphone jauh dari tempat anda tidur. Alangkah lebih baik letakkan di meja yang ada di kamar tidur sehingga jika memang dibutuhkan untuk keadaan darurat, anda tetap dapat mendengarnya. 
      2. Jika butuh untuk alarm pagi, atau mendengarkan musik, anda dapat masuk dalam mode airplane mode. Saya yakin handphone sekarang sudah ada mode ini semua.
      3. Mulailah dari anda sendiri. Kurangi kontak dengan handphone, biasakan jangan tergantung pada handphone.  
      sumber: meetdoctor

      Previous
      Next Post »

      Budayakan berkomentar setelah menikmati artikel

      o Diharapkan tidak mencantumkan LINK AKTIF
      o Diharapkan untuk tidak melakukan SPAM
      o Diharapkan komentar tidak mengandung SARA, PORNO, dan sejenisnya
      o Diharapkan KEPO ke artikel lain :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

      Thanks for your comment