Fakta Unik Batik

Fakta Unik Batik

Sebelumnya, saya mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional! Patutlah kita berbangga dengan salah satu warisan budaya kita ini. Berhubung dengan itu, maka di sini saya akan share tentang Fakta Unik Batik yang mungkin sobat belom tahu. Berikut ulasannya:

1. Sejarah Nama Batik
Nama "Batik" ternyata berasal dari 2 gabungan kata bahasa Jawa, yaitu: "amba" yang artinya menulis, dan "titik" yang artinya yaa titik.

2. Teknik Pembuatan Batik
Batik adalah salah satu cara pembuatan motif pada kain. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing.

3. Warisan Budaya Dunia
UNESCO telah menetapkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009. Dalam prosesnya banyak kendala terutama pembuktian bahwa batik benar benar berasal dari indonesia.

4. Mata Pencaharian Wanita Jaman Dulu
 Batik merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.

5. Pengenalan Batik Pertama Kali
Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.

Fakta Unik Batik

6. Motif dan Corak
Motif dan corak batik setiap daerah berbeda corak ini mengakomodasi flora dan fauna.Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah.

7. Konfrontasi Pihak Asing
Potensi batik yang sangat besar menjadikan batik diburu sebagai budaya luar salah satu negara yang mengklaim adalah malaysia. sebelum diakui UNESCO malaysia sempat memasukkan batik Sebagai warisan leluhur mereka.
busana batik indonesia

8. Batik Sebagai Fashion Dunia
Desainer desainer indonesia mulai mengenalkan batik terhadap luar negeri. keindahan coraknya dikenalkan melalui berbagai ajang salah satunya miss univers. perancang batik terkemuka indonesia adalah Annie Avantie.

9. Jenis Batik Berdasarkan Teknik Pembuatannya.
Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

10. Mitos Tentang Batik 
Dalam budaya jawa motif batik tidak boleh digunakan dalam sembarang waktu. salah satunya motif batik parang yang dilarang untuk acara pernikahan. setiap motif memiliki makna dan penempatan penggunaan dalam tradisi adat yang berbeda.


Jadi itulah Fakta Unik Batik yang harus sobat ketahui karena sobat adalah warga Indonesia. Mari kita berbangga dengan warisan budaya kita ini!

sumber: Pecinta Batik Indonesia
Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
Modgtasa.com
admin
October 4, 2014 at 9:12 AM ×

Semoga batik makin mendunia.. aminn

Reply
avatar
Unknown
admin
October 29, 2014 at 6:54 AM ×

Amin sob, makanya ayo kita budayakan memakai batik, setidaknya setiap hari Jumat :)

Reply
avatar
November 9, 2014 at 8:27 PM ×

ane jadi semakin bangga indonesia punya batik

Reply
avatar
Jafar Id
admin
March 28, 2015 at 5:48 AM ×

Batik harus di lestarikan gan...

nonton bokep di sini
http://bubemob.com/

Reply
avatar

Budayakan berkomentar setelah menikmati artikel

o Diharapkan tidak mencantumkan LINK AKTIF
o Diharapkan untuk tidak melakukan SPAM
o Diharapkan komentar tidak mengandung SARA, PORNO, dan sejenisnya
o Diharapkan KEPO ke artikel lain :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment