Cara Merawat Laptop Agar Awet



Cara Merawat Laptop Agar Awet


Hai sobat, lama tak berjumpa. Pernahkah sobat mengalami kerusakan pc/laptop? Sehingga sobat dengan terpaksa harus ganti laptop/pc, padahal di dalamnya ada banyak data-data penting dan kenangan-kenangan sobat. Tidak ingin kejadi seperti itu terulang kan? Nah ini saya ada beberapa cara yang cukup ampuh untuk menjauhkan sobat dari malapetaka tersebut. Ini dia Cara Merawat Laptop Agar Awet


1. Hindari Sinar Matahari Langsung

Jangan terlalu sering membiarkan sinar matahari langsung mengenai laptop sobat. Apalagi yang terkena adalah monitor. Sebisa mungkin jauhkan dari sinar matahari langsung. Karena jika laptop sobat terkenan sinar matahari langsung, maka suhu laptop akan meningkat. Sudah tahu kan apa yang terjadi bila suhu laptop meningkat? Kinerja laptop akan menurun, sering hang, lemot. Nah kalau sering seperti itu, dampaknya akan semakin parah, laptop sobat bisa rusak. 


2. Jangan Terlalu Lama Menyalakan Laptop

Biasanya bagi sobat yang hobi download file-file besar (game terutama) apalagi memakai downloader yang tidak bisa dipause-resume. Pasti sobat akan menyalakan laptop terus, pagi-siang-malam-pagi-... sampai downloadnya selesai. Benar? Hindari kebiasaan seperti itu, jika sobat tidak ingin laptop sobat cepat rusak! Laptop sobat akan overheat. Bayangkan saja bila sobat yang seperti itu, bekerja berhari-hari nonstop. Apa yang terjadi pada sobat nantinya? Maka dari itu, jagalah suhu laptop agar tetap dingin, bisa menggunakan cooling pad. Atau kalau download file besar, biasakan menggunakan download yang dapat di pause-resume, sehingga kalau merasa sudah lama sobat menyalakan laptop, istirahatkan laptop sobat. Ya maksimum laptop sobat menyala 12-15 jam lah.


3. Hindari Memindahkan Laptop Saat Menyala

Sobat pasti sering melakukan hal ini bukan? Mulai sekarang jangan lakukan kebiasaan tersebut. Karena saat laptop menyala, piringan harddisk akan terus berputar/bekerja. Jika sobat sering memindah-mindahkan laptop, makan akan terjadi benturan-benturan bisa ringan bahkan berat. Nah kalau benturan tersebut berat, tentu akan mengganggu kerja piringan harddisk. Kalau kerja piringan harddisk terganggu/rusak, bisa sobat kira-kira sendiri apa akibatnya/


Cara Merawat Laptop Agar Awet


4. Jaga Kebersihan Laptop

Nah yang ini biasanya terabaikan oleh sobat pasti. Usahakan bersihkan laptop sobat seminggu sekali, atau 2 minggu sekali tidak apa-apa. Karena debu-debu yang menempel pada laptop sobat, bisa saja dapat masuk ke dalam laptop, dan tentu akan mengganggu kerja laptop sobat. Kalau sudah seperti itu, akan sangat sulit lagi dibersihkannya. Apalagi bila terkena tumpahan cairan apapun itu. Kalau terjadi seperti itu, langsung bersihkan bagian dalam laptop. Kalau tidak yakin dengan kemampuan sobat, bawa saja laptop sobat ke tempat service. 


Nah, itu dia Cara Merawat Laptop Agar Awet. Maka dari itu, jagalah laptop sobat, rawatlah dengan baik, karena saat ini laptop/pc menjadi kebutuhan yang cukup esensial bagi sobat yang pelajar ataupun pekerja. Jangan sampai laptop sobat terlanjur rusak! 

sumber: tips komputer gadget
Previous
Next Post »

7 komentar

Click here for komentar
October 18, 2014 at 9:31 PM ×

blogwalking gan ... update terus ya artikel nya..

Reply
avatar
Unknown
admin
October 29, 2014 at 6:52 AM ×

Tukar link bisa di page tukar link ya sob, makasih :)

Reply
avatar
Unknown
admin
December 20, 2014 at 8:32 AM ×

makasih tipsnya, sangat bermanfaat.
Sekedar berbagi juga
http://jamil21.blogspot.com/2014/11/tutorial-bisnis-online-8share.html

Reply
avatar
January 28, 2015 at 6:03 AM ×

Ane ga ada cara khusus gan buat rawat laptop, tp alhamdullilah masih awet sampe 3 tahun lebih :D

Reply
avatar
Jafar Id
admin
March 28, 2015 at 5:49 AM ×

Tipsnya jos baget gan.... peraktek ah...

nonton film bokep di sini
http://bubemob.com/

Reply
avatar
adamtium
admin
September 28, 2015 at 10:03 PM ×

Ternyata caranya simpel banget ya :)

Reply
avatar

Budayakan berkomentar setelah menikmati artikel

o Diharapkan tidak mencantumkan LINK AKTIF
o Diharapkan untuk tidak melakukan SPAM
o Diharapkan komentar tidak mengandung SARA, PORNO, dan sejenisnya
o Diharapkan KEPO ke artikel lain :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment