15 Fakta Unik Hari Natal

Hai sob, hari raya Natal sudah sebentar lagi tiba. Tentunya ini akan menjadi hari yang ditunggu-tunggu untuk orang beragama Kristiani. Natal dikatakan sebagai hari dimana Yesus Kristus atau nabi Isa Almasih lahir ke dunia. Di hari yang berbahagia ini, saya akan mencoba share tentang 15 Fakta Unik Hari Natal:


15 Fakta Unik Hari Natal
  • Warna Hijau, Merah, dan Emas

Warna khas pada hari Natal, jika sobat berjalan-jalan ke mall atau melihat-lihat sekitar, warna yang dominan adalah Hijau, Merah, dan Emas. ternyata warna tersebut ada maknanya sob. Hijau artinya adalah kehidupan dan kelahiran kembali. Merah menandakan darah Kristus. Dan emas melambangkan cahaya, dapat juga kejayaan dan kekayaan.
  •  Sinterklas adalah Pendeta Turki

Seperti yang telah kita ketahui sob, kalau Natal itu identik dengan sinterklas dan rusa-rusanya. Tak ada yang tau darimana asal muasal Sinterklas, namun dipercaya bahwa Sinterklas itu berasal dari Pendeta Turki, St. Nicholas. Ia dikenal senang memberikan hadiah bagi mereka yang kekurangan, dan hadiah tersebut dibagikan secara rahasia.

15 Fakta Unik Hari Natal
  • Tempat Tinggal Sinterklas 

Setiap tahunnya, ada ratusan ribu surat dari anak-anak di seluruh belahan dunia dikirimkan ke Kutub Utara, tepatnya di Alaska. Karena dipercaya Sinterklas tinggal di sana. Lalu apakah anak-anak tersebut mendapat balasan? Mungkin, karena 1.600 penduduk lokal berperan menjadi Sinterklas dan berusaha membalas setiap surat yang memiliki alamat untuk dikirim balik. 
  • 13 Sinterklas

Kalau sobat tahu, di Islandia ada sebuah sebutan unik yaitu "Jolasveinar" yang mengacu kepada 13 Sinterklas di Islandia. 13 Sinterklas ini merupakan anak dari Troll Gryla dan Leppaludi yang digambarkan sebagai mahluk mengerikan yang akan memakan anak-anak nakal. Pada awalnya, 13 Sinterklas ini juga memiliki sifat yang sama dengan orang tuanya dimana mereka akan merusak Natal dengan mencuri makanan, hadiah, membunuh ternak, merusak baju dan seterusnya. Tapi karena pengaruh dan asimilasi kebudaayan Asing maka sekarang Jolasveinar digambarkan sebagai 13 Sinterklas yang baik dan bertugas sama halnya seperti Sinterklas yang kita kenal, yakni membawa hadiah bagi anak-anak yang baik.
  • Rusa Kutub Sinterklas

Ternyata dikatakan bahwa masing-masing dari rusa kutub Sinterklas memiliki nama dan nama-nama tersebut terdengar seperti nama lelaki, Blitzen, Comet, Cupid, dll. Padahal, rusa kutub jantan menanggalkan tanduk mereka di sekitar Natal, sehingga rusa yang menarik kereta Sinterklas mungkin bukan rusa jantan, melainkan betina.
  • Tradisi Natal yg Unik

Ada sebuah tradisi unik di Yunani. Jika di sebagian besar negara Sinterklas membagikan hadiah nya di malam natal, maka Sinterklas di Yunani justru membagikan hadiah natalnya terlambat, yaitu di Tahun Baru. 
Berbeda dengan di Finladia. Orang-orang Finlandia akan mengunjungi Sauna pada malam Natal, sedangkan orang-orang Portugis akan merayakan Hari Natal untuk mereka yang hidup dan juga mereka yang telah meninggal.
  • Penghias Pertama Pohon Natal

Mungkin sobat tahu bahwa orang pertama yang menghias pohon natal adalah Martin Luther. Hal tersebut dikarenakan ia sangat kagum akan keindahan dari cahaya bintang di antara pohon cemara.  

15 Fakta Unik Hari Natal
  • Pohon Natal Tertinggi

Berdasarkan Guinness World Records, pohon Natal tertinggi adalah cemara Douglas dengan tinggi 221 ft. Pohon Natal ini ditampilkan pada tahun 1950 di Pusat Perbelanjaan Northgate di Seattle, Washington.

15 Fakta Unik Hari Natal
  •  Stoking Terbesar

Selain Pohon Natal, Natal juga identik dengan stoking. Stoking terbesar yang tercatat memiliki panjang 106 ft. dan 9 inchi (32,56 m) dan lebar 49 ft. dan 1 inchi (14,97 m). Stoking tersebut memiliki berat setara dengan 5 rusa kutub dan dapat menampung hingga 1000 hadiah di dalamnya. Stoking tersebut dibuat oleh Children’s Society di London pada 14 December 2007
  • Kelahiran Yesus Kristus atau nabi Isa Almasih

Seperti yang kita tahu bahwa hari Natal, 25 Desember, adalah hari kelahiran Yesus Kristus atau nabi Isa Almasih, benarkah begitu? Sebenarnya Alkitab tidak menunjukkan secara terbuka hari dan tanggal kelahiran Yesus sehingga menimbulkan banyak asumsi tentang hal tersebut. Lalu Pope Julius 1 mengumumkan bahwa 25 Desember adalah hari kelahiran Yesus. 
  • XMas

Kita seringkali menyingkat Christmas menjadi Xmas, atau kita sering melihatnya di berbagai media. Ternyata huruf 'X' pada Xmas adalah huruf chi yang merupakan huruf pertama dalam nama Yunani Kristus, yakni Χριστ?ς.

15 Fakta Unik Hari Natal
  • Hadiah Natal Terbesar

Hadiah Natal terbesar yang pernah ada adalah Patung Liberty. Pada tahun 1886, Perancis menghadiahkan Patung Liberty kepada AS sebagai hadiah natal.
  • Roh-roh saat Natal

Di Eropa terdapat kepercayaan bahwa roh-roh, baik itu baik dan jahat, mulai aktif  selama Twelve Days of Christmas. Dipercaya juga bahwa roh-roh ini juga berubah wujud menjadi peri-peri Santa. Hal ini merupakan pengaruh dari karya Clement C. Moore yaitu The Night Before Christmas (1779-1863) yang diilustrasikan Thomas Nast (1840-1902).
  • Fenomena di Hari Natal

Berdasarkan analisa data dari Facebook, ternyata 2 minggu sebelum Natal adalah saat dimana paling banyak pasangan memutuskan untuk break. Namun, pada hari Natal, paling sedikit pasangan yang memutuskan untuk break. 
Dikatakan juga bahwa angka kematian atau bunuh diri pada Hari Natal adalah yang paling sedikit. 
  • Perdamaian Natal

5 Bulan sejak dimulainya Perang Dunia pertama, tentara-tentara dari Front Sekutu beristirahat sejenak untuk merayakan Natal dengan menyanyikan lagu natal pada medan perang. Pagi berikutnya, tentara Jerman sebagai Front Sekutu keluar dari perlindunganya dan mendekati tentara Sekutu dengan menyanyikan "Merry Christmas" dalam Bahasa Inggris.

15 Fakta Unik Hari Natal

Itulah dia 15 Fakta Unik Hari Natal. Sebenarnya masih banyak fakta lain yang tidak kalah unik, yang nanti akan saya share di lain kesempatan. Akhir kata, saya mengucapkan "Selamat Hari Natal" bagi sobat yang merayakannya, semoga Natal kali ini menjadi Natal yang indah bagi kita semua.

sumber: randomhistory tahupedia
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
February 2, 2015 at 9:11 AM ×

terimakasih banyak infonya gan , sangat bermanfaat sekali :)

Congrats bro lulu sihombing you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Budayakan berkomentar setelah menikmati artikel

o Diharapkan tidak mencantumkan LINK AKTIF
o Diharapkan untuk tidak melakukan SPAM
o Diharapkan komentar tidak mengandung SARA, PORNO, dan sejenisnya
o Diharapkan KEPO ke artikel lain :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment