Waspada! Asap Mesin Diesel Picu Autisme

Waspada! Asap Mesin Diesel Picu Autisme

Bagi sobat yang tinggal di daerah perkotaan, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya asap, terutama asap kendaraan bermotor, dan asap pabrik. Banyak sekali gangguan-gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh asap tersebut, pasalnya kita tau sendiri kalau asap tersebut mengandung bahan-bahan buangan yang berbahaya bagi kesehatan kita. Biasanya yang kita tahu adalah bahaya ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan Atas. 

Namun ternyata asap dari mesin diesel menimbulkan suatu bahaya yang lain selain ISPA, yaitu pemicu autisme. Sobat tau kan autisme itu adalah suatu kelainan mental. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa seorang wanita hamil memiliki risiko melahirkan anak yang autisme 2 kali lebih besar dibanding wanita biasa. 

Hasil penelitian Harvard School of Public Health yang dilansir Dail Mail, Sabtu (20/12/2014) menyebutkan bahwa risiko meningkat di daerah dengan tingkat polusi lalu lintas, dan perempuan yang paling rentan mengalami risiko itu adalah yang memasuki masa terakhir kehamilan. 


“Penelitian ini melihat dampak dari paparan PM 2,5, yakni partikel polutan kecil yang dihasilkan oleh mesin diesel,” 

Waspada! Asap Mesin Diesel Picu Autisme

Para peneliti mengumpulkan data dari 116.000 perempuan yang tengah hamil. Kemudian mereka membandingkan data yang mereka peroleh dengan data Environmental Protection Agency dan sumber lainnya, tentang perempuan hamil di daerah yang memiliki udara bebas dari polutan. 

Hasilnya, mereka mengindentifikasi 245 orang anak dari 1.522 orang anak yang diamati diagnose mengidap autis. Anak-anak yang autis itu merupakan anak dari ibu yang selama kemahilan terpapar asap mesin diesel.

Kesimpulannya, paparan PM2.5 - yang merupakan partikel terkecil polutan yang dihasilkan asap mesin diesel - secara signifikan terkait dengan autisme. 

"Data kami menguatkan hipotesis bahwa paparan polusi udara terhadap ibu hamil berkontribusi terhadap risiko gangguan spektrum autisme," kata Marc Weisskopf, profesor epidemiologi lingkungan Universitas Harvard.

sumber: detik
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
Bayu
admin
January 11, 2015 at 4:48 AM ×

bahaya bangat ya gan :o

nice post

Reply
avatar
YOGI ANDRIAN
admin
February 9, 2015 at 4:48 PM ×

emang ada apa ya sob dari asap itu ?/
sampe bisa menyebabkan autis :O

Reply
avatar
June 30, 2015 at 1:38 PM ×

bagi para ibu hamil mungkin harus lebih waspada dan berhati2,

Reply
avatar

Budayakan berkomentar setelah menikmati artikel

o Diharapkan tidak mencantumkan LINK AKTIF
o Diharapkan untuk tidak melakukan SPAM
o Diharapkan komentar tidak mengandung SARA, PORNO, dan sejenisnya
o Diharapkan KEPO ke artikel lain :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment