7 Efek Jika Terlalu Banyak Tidur

7 Efek Jika Terlalu Banyak Tidur

Hai sobat! Saya yakin sobat pasti pernah kekurangan tidur bukan? Akhirnya tubuh sobat merasa tidak enak menjalani aktivitas sehari-hari. Namun pernahkah sobat tidur terlalu lama? Saya yakin sebagian besar orang pasti pernah melakukannya. Lalu, apakah ada efek tertentu bila kita tidur terlalu lama? Ternyata ada sob, coba perhatikan 7 Efek Jika Terlalu Banyak Tidur

  • Pusing dan sakit kepala

Kalau sobat terlalu banyak tidur, hal tersebut akan mempengaruhi neurotransmitter di otak sobat. Neurotransmitter itu semacam bahan kimia yang digunakan sebagai sinyal dalam persarafan di tubuh kita sob. Jadi kalau sinyal tersebut terganggu di otak kita, tentu akan merasakan yang namanya pusing dan sakit kepala

  • Diabetes

Ternyata jika sobat tidur terlalu lama, hal tersebut akan meningkatkan risiko diabetes sob! Bagaimana bisa? Karena pola tidur yang tidak teratur, akan memicu meningkatnya kadar gula dalam tubuh. Terlebih lagi bila sobat memiliki kerabat atau keluarga yang menderita diabetes, sobat harus hati-hati.

  • Kurangnya konsentrasi

Kalau sobat kekurangan tidur, sobat akan merasa ngantuk dan kurang konsentrasi. Ternyata hal tersebut juga terjadi bila sobat tidur berlebihan sob. Sobat akan merasa sulit untuk fokus pada suatu hal, juga merupakan efek dari pusing dan sakit kepala yang timbul.

  • Obesitas

Nah buat sobat yang tidak ingin gendut, jangan tidur terlalu lama. Karena saat sobat tidur, akan terjadi penumpukan lapisan lemak dalam tubuh yang disebabkan sobat tidak banyak melakukan aktivitas saat tidur, jadinya lemak di tubuh tidak terbakar untuk menghasilkan energi. Bayangkan kalau sobat terlalu banyak tidur, tentu lemak yang menumpuk akan semakin banyak bukan?

  • Penyakit jantung

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bila sobat tidur lebih dari waktu normal sobat, lebih dari 8-9 jam, akan terjadi peningkatan risiko penyakit jantung. 

  • Moody dan depresi

Pernahkah sobat merasakan kalau sobat terlalu banyak tidur, sobat akan merasa lebih sensitif dan mudah tersinggung. Ya itu salah satu efek sampingnya karena terjadi gangguan pada produksi hormon di tubuh yang terkait dengan mood sobat. Kalau dibiarkan berlarut bisa memicu terjadinya depresi

  • Kematian

Kalau yang satu ini, belum bisa dipastikan kebenarannya sob. Namun beberapa peneliti mengungkapkan ada hubungan antara tidur dengan kematian.

Nah, jadi itu dia sob 7 Efek Jika Terlalu Banyak Tidur. Jadi baik kekurangan atau kelebihan tidur, itu sama-sama tidak baik untuk kesehatan sob. Usahakan tidur pada porsi waktunya sesuai dengan kebutuhan sobat.

sumber: jawaban
Previous
Next Post »

7 komentar

Click here for komentar
FAHRUDIN S
admin
December 13, 2014 at 1:55 PM ×

Wih banyak juga ya efeknya -__- Jadi pikir-pikir kalo mau tidur

Reply
avatar
Unknown
admin
December 20, 2014 at 8:54 PM ×

yang penting kalau tidur itu jangan terlalu lama sob

Reply
avatar
Unknown
admin
December 21, 2014 at 6:08 PM ×

ternyata terlalu lama tidur ada Efek sampingnya toh, makasih infonya gan

Reply
avatar
December 30, 2014 at 3:55 PM ×

pengangguran amat kerjaannya tidur, hahah
mendingan baca-baca nih Pusat obat herbal

Reply
avatar
Astri
admin
March 8, 2015 at 1:45 AM ×

Informasi yang sangat bagus...terima kasih saya senang berkunjung di blog anda
indo yang sangat sangat bermanfaat jangan lupa mampir gan kesini hehe
http://seputarkomentar.blogspot.com/

Reply
avatar
Selimut
admin
May 26, 2015 at 7:56 AM ×

bahkan tidur aja ada resikonya ya...

Reply
avatar
June 30, 2015 at 1:36 PM ×

bahkan terlalu banyak tidur juga bisa mengakibatkan kematian,jadi apapun harus pada porsi yang sesuai jangan kurang jangan lebih juga ya.

Reply
avatar

Budayakan berkomentar setelah menikmati artikel

o Diharapkan tidak mencantumkan LINK AKTIF
o Diharapkan untuk tidak melakukan SPAM
o Diharapkan komentar tidak mengandung SARA, PORNO, dan sejenisnya
o Diharapkan KEPO ke artikel lain :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment