Bahaya Minuman Bersoda

Bahaya Minuman Bersoda

Siapa sih sekarang ini yang tidak kenal minuman besoda? Saya yakin, sobat semua di sini pernah tahu dan pernah mencicipi minuman tersebut bukan? Teknik pemasarannya yang mendunia menjadikan kita semakin yakin kalau minuman tersebut adalah minuman yang sehat dan tidak akan menimbulkan dampak bagi kita. Benarkah begitu sob?

Ada beberapa kasus yang mencengangkan nih sob terkait minuman ini. Kasus ini berasal dari negara Selandia Baru. Seorang ibu berumur 30 tahun bernama Natasha Marrie Harris tewas karena kecanduan minuman ini. Ia meminum hinggal 10 liter sehari. Sobat tidak percaya? Bisa cek ke telegraph

Bahaya Minuman Bersoda

Lalu, kalau memang minuman bersoda itu tidak sehat, kenapa bisa? Maka dari itu, berikut Bahaya Minuman Bersoda:

  • 1 kaleng minuman bersoda, mengandung setara dengan 10 gula sendok teh. Tahu kan apa akibatnya sob? Tentu saja hal ini akan meningkatkan gula darah sobat, yang nantinya akan merangsang insulin juga. Kalau hal ini diteruskan terus menerus, akan menyebabkan terjadinya resistensi insulin di dalam tubuh sobat, yang artinya Diabetes Mellitus. 
  • Minuman bersoda mengandung asam fosfat. Asam fosfat akan menghambat penyerapan dari kalsium dan akan meningkatkan terjadinya risiko osteoporosis. Asam fosfat juga akan bereaksi dengan asam di lambung, yang tentunya akan memperlambat proses pencernaan dan penyerapan nutrisi lainnya.
  • Di beberapa soda, gula digantikan dengan aspartam. Jangan tenang dulu sob, karena senyawa ini justru lebih berbahaya lagi. Karena senyawa ini secara langsung maupun tidak langsung, berkaitan dengan beberapa penyakti seperti multiple sclerosis, tumor otak, diabetes, dan gangguan mental. 
  • Sebagian besar soda, mengandung kafein. Kafein juga mengambil peran dalam beberapa penyakit seperti kanker, denyut jantung yang iregular, tekanan darah tinggi, dan beberapa masalah kesehatan lainnya.
  • Dari studi di Harvard, menunjukkan bahwa soda sangat berperan dalam terjadinya obesitas. Dalam studinya, ditemukan bahwa seorang berusia 12 tahun yang meminum soda terlihat lebih obese dibandingkan dengan yang tidak. Peningkatan risiko obesitas akan meningkat sebanyak 1.6x.
  • Minuma bersoda mengandung High Fructose Corn Syrup, yang berasal dari jagung. Sebagian besar jagung tersebut adalah hasil rekombinasi genetik, padahal belum ada kepastian bahwa jagung tersebut aman dan sehat untuk dikonsumsi. 
  • Kalau sobat ingin tahu, di dalam minuman bersoda, tidak ada kandungan nutrisi sama sekali.Yang ada hanyalah senyawa-senyawa berbahaya bagi tubuh kita. 
  • Karena tingginya gula, sodium, dan kafein di dalam soda, maka jika dikonsumsi terus menerus akan dapat mengakibatkan dehidrasi kronik. 
  • Minuman bersoda juga akan membuat plak pada gigi kita yang akan meningkatkan terjadinya risiko karies gigi.
Nah, jadi itu dia sob Bahaya Minuman Bersoda. Di sini saya tidak melarang sobat untuk mengonsumsi minuman bersoda. Sobat bisa saja meminum minuman ini, hanya saja jaga frekuensinya, jangan terlalu sering karena akan menimbulkan masalah-masalah kesehatan. Alangkah lebih baik lagi bila sobat menjauhi minuman-minuman ini.

sumber: wellnessmama telegraph
Previous
Next Post »

10 komentar

Click here for komentar
Techeep
admin
November 17, 2014 at 3:44 PM ×

Apakah minuman bersoda juga mengandung CO2 juga? Sebab di blog kesehatan yang pernah saya baca, ada kandungan CO2 di minuman bersoda.

Reply
avatar
November 23, 2014 at 1:55 PM ×

Bisa menambah kegemukan dan diabetes sih kalau yang gue tahu, hehehe..... tapi godaan saat ditengah terik yang panas memang bikin goyah vruh :))


hehehe, mampir di blog lo nih, templatenya keren, kapan-kapan mampir ke rumah gue yak :)

Reply
avatar
November 29, 2014 at 12:38 PM ×

ane jarang gan minum soda tapi kalo kopi gimana?

Reply
avatar
Unknown
admin
December 9, 2014 at 2:39 PM ×

iya sob, tentu saja ada. namanya kan minuman berkarbonasi..

Reply
avatar
Unknown
admin
December 9, 2014 at 2:41 PM ×

iya sob, memang godaan itu berat. tapi kalau sekali-kali ya tdk masalah sob

oke sob, langsung meluncur...

Reply
avatar
Unknown
admin
December 9, 2014 at 2:41 PM ×

sudah pernah saya share tentang kopi sob, bisa dibaca di archieve blog ini mungkin :)

Reply
avatar
December 18, 2014 at 9:47 PM ×

Bener om, minuman bersoda memang bahaya banget jika sering diminum, ane jarang minumnya. Kunbalnya om jangan lupa

Reply
avatar
June 30, 2015 at 1:42 PM ×

duh jaman sekarang mah harus pinter2 milih makanan yang sehat aja biar ga berbahaya dan kena penyakit.

Reply
avatar
adamtium
admin
September 28, 2015 at 9:49 PM ×

Wah ternyata banyak bahayanya :/
Tapi kok kenapa masih diproduksi ? :/

Reply
avatar
adamtium
admin
September 28, 2015 at 9:51 PM ×

Wah ternyata banyak bahayanya :/
Tapi kok kenapa masih diproduksi ? :/

Reply
avatar

Budayakan berkomentar setelah menikmati artikel

o Diharapkan tidak mencantumkan LINK AKTIF
o Diharapkan untuk tidak melakukan SPAM
o Diharapkan komentar tidak mengandung SARA, PORNO, dan sejenisnya
o Diharapkan KEPO ke artikel lain :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment