Cara Efektif Menghilangkan Rasa Pedas

Sobat suka makan makanan yang pedas? Ya, makanan pedas memang memiliki cita rasa tersendiri. Sehingga tak sedikit orang yang senang menambkan sambal/saos atau semacamnya ke dalam makanan mereka untuk menambah kesan rasa pedas. Apakah sobat juga seperti itu? Tapi tak jarang kita merasa kepedesan, dan kita bingung tidak tahu cara menghilangkan rasa pedas tersebut. Maka dari itu, kita akan membahas Cara Efektif Menghilangkan Rasa Pedas. Namun sebelumnya kita perlu tahu apa itu pedas.


Cara Efektif Menghilangkan Rasa Pedas

 

Apa Itu Pedas?

Kapsaisin (8-metil-N-vanilil-6-nonenamida) termasuk dalam Kapsaisinoid, yaitu zat kimia dalam tumbuh-tumbuhan seperti cabai, yang dapat menimbulkan rasa pedas. Rasa pedas ini muncul karena Kapsaisin menciptakan pesan yang sama untuk otak seperti saat kulit kita terkena panas. Namun yang menjadi perbedaan adalah, rasa panas dari lidah ini hanya merupakan 'rasa', bukan terbakar seperti yang kita kenal. 

Nah, kapsaisin ini merupakan zat  yang nonpolar, artinya tidak dapat bercampur dengan air, sama seperti minyak. Jadi jika kita merasa kepedasan, tidak akan hilang jika kita hanya meminum air putih, karena kapsaisin tidak larut dalam air.


Cara Menghilangkan Pedas 

Sebenarnya banyak cara yang bisa sobat terapkan untuk menghilangkan rasa pedas. Namun tentu, cepat/lambatnya rasa pedas tersebut hilang berbeda-beda. Jadi di sini saya akan membahas hanya yang paling efektif saja dan mudah untuk diterapkan sobat. 


  • Air Hangat

Cara Efektif Menghilangkan Rasa Pedas

Air putih memang tidak bagus ketika sobat sedang kepedasan, namun air hangat berbeda cerita. Hal tersebut karena ketika minum air hangat, terjadi pelebaran pembuluh darah di mukosa. Sehingga suplai Oksigen dan makanan dari pembuluh darah ke mukosa dapat berjalan dengan lancar, dan menyebabkan pelepasan mediator inflamasi akan berkurang. Ya walaupun itu akan terasa sedikit sakit, namun efeknya akan terasa setelah sakit tersebut.
  • Buah-buah asam

Ya, buah-buahan asam seperti lemon, dapat membantu sobat mengatasi rasa pedas dalam mulut.

  • Susu

Cara Efektif Menghilangkan Rasa Pedas

Sediakanlah susu di samping sobat ketika sobat menikmati makanan pedas, karena susu ini dapat berperan sebagai penawar pedas. Kenapa? Karena susu memiliki senyawa casein yang dapat mengikat kapsaisin yang merupakan senyawa pemberi rasa pedas. 
  • Es Krim

Kalau di dekat sobat tidak ada susu, maka alternatif lainnya adalah es krim. Ya, es krim dapat mendinginkan mulut sobat yang terasa terbakar karena rasa pedas tersebut. 
  • Yoghurt

Selain es krim, ada juga yogurt yang dapat mendinginkan mulut sobat. Selain itu, di dalam yogurt juga terdapat senyawa kasein sama seperti susu, sehingga dapat menghilangkan rasa pedas yang ada di mulut sobat

  • Mouthwash

Cara Efektif Menghilangkan Rasa Pedas

Mouthwash mengandung alkohol di dalamnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa pedas. Jadi, jika sobat memiliki mouthwash di rumah, langsung saja kumur setelah makan pedas, maka efeknya akan terasa langsung

Jadi itu dia beberapa Cara Menghilangkan Rasa Pedas. Jika masih kurang percaya dengan yang di atas, bisa sobat praktikkan sendiri. Atau mungkin sobat memiliki cara-cara lain yang lebih efektif?
Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
Bang Rahman
admin
August 14, 2014 at 9:28 AM ×

wah ternyata bisa pake susu ya gan, baru tau ni.
kunbal dari Belajar Komputer

Reply
avatar
Ayo Kepo
admin
August 23, 2014 at 7:25 PM ×

iya sob, silahkan dicoba bila tidak percaya
terima kasih sudah berkunjung :)

Reply
avatar
Anonymous
admin
August 26, 2014 at 6:29 PM ×

pakai mouthwash juga bisa yaa, baru tau ._.

Reply
avatar
Unknown
admin
August 27, 2014 at 8:47 AM ×

bisa sob, silahkan dicoba :)

Reply
avatar

Budayakan berkomentar setelah menikmati artikel

o Diharapkan tidak mencantumkan LINK AKTIF
o Diharapkan untuk tidak melakukan SPAM
o Diharapkan komentar tidak mengandung SARA, PORNO, dan sejenisnya
o Diharapkan KEPO ke artikel lain :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment