10 Negara Terkorup di Dunia Tahun 2014

Korupsi di sana, korupsi di sini. Korupsi mulai mewabah kemana-mana, tak hanya di Indonesia. Kita mengenal negara kita adalah negara yang sangat korup, koruptor merajalela, semakin tahun bukannya semakin sedikit, tetapi justru semakin banyak. Uang-uang rakyat hilang entah kemana. Ya, itulah faktanya.

Korupsi terus berkembang di negara-negara berkemban. Jadi ternyata korupsi itu tidak hanya terjadi di negara kita tercinta ini. Lalu dimana sajakah? Berikut 10 negara terkorup pada tahun 2014, versi TheRichest.com


10. Tajikistan : 22


10 Negara Terkorup di Dunia Tahun 2014

Tajikistan, memiliki ekonomi yang sangat rapuh, sangat rentan, karena banyaknya korupsi di negara tersebut. Lemahnya supremasi hukum dan kurangnya transparansi di pemerintahannya juga merupakan salah dua faktornya. Pejabat-pejabatnya pun banyak yang terlibat dalam pasar gelap.

 

9. Kongo : 22



10 Negara Terkorup di Dunia Tahun 2014

Seorang kerabat mantan presiden DRC (1965-1997) Mobutu Sese Seko pernah menggambarkan proses mereka untuk menjarah negara.

"Mobutu akan meminta salah satu dari kami untuk pergi ke bank dan mengambil satu juta. Kami akan pergi ke perantara dan katakan padanya untuk mendapatkan lima juta. Dia akan pergi ke bank dengan otoritas Mobutu, dan mengambil sepuluh. Mobutu punya satu, dan kami mengambil sembilan. "

Dengan jenis sejarah, sulit untuk membayangkan Kongo bermain adil hari ini bahkan dengan reformasi sederhana saat presiden Joseph Kabila. Sedikit dugaan $ 5.000.000.000 yang telah dicuri telah pulih; salah satu upaya kecil dalam pemulihan aset gagal pada tahun 2009 setelah pengadilan Swiss memutuskan undang-undang pembatasan telah berakhir, dan $ 6.700.000 dalam aset beku kembali ke keluarga mendiang presiden itu.

Bagian terburuk? Kongo dianggap negara paling kaya sumber daya di dunia, namun apa? Orang-orang Kongo tetap yang paling miskin.

 

8. Burundi : 21


10 Negara Terkorup di Dunia Tahun 2014


Anda pernah mendengar negara ini sebelumnya? Burundi merupakan negara yang ekonominya sangat rendah dikarenakan korupsi di sana merajalela. Rakyat-rakyatnya miskin, sebagian besar terinfeksi HIV. Sumber daya yang dimiliki bocor kemana-mana, ke negara tetangga. dsb.  


7. Venezuela : 20



10 Negara Terkorup di Dunia Tahun 2014


Siapa yang sangka negara ini termasuk negara terkorup tahun 2014? Para pejabat Venezuela telah dikenal mendampingi tidak hanya dengan pengedar narkoba dan pembunuh-penculik, tapi rupanya teroris juga. Hakim terpaksa membebaskan komandan tentara tersangka pengiriman ton beberapa narkotika. Beberapa bulan yang lalu komandan Garda Nasional Venezuela tertangkap dengan 554 kilo kokain. Lalu sebuah studi menemukan setidaknya $ 22.500.000.000 dari dana publik terhitung telah dialihkan dari Venezuela ke rekening swasta asing.

 6. Kamboja : 20

 
10 Negara Terkorup di Dunia Tahun 2014


Perusahaan yang ingin melakukan bisnis di Kamboja perlu mengocek kantong merekaUU Anti Korupsi yang disahkan pada 2010, tidak banyak membantu. Hampir 70% orang Kamboja hidup kurang dari US $ 2 per hari. Sementara itu, pemerintah telah menyewa 45% tanah yang kaya sumber daya negara untuk investor swasta. Kemana uang-uang tersebut masih menjadi dugaan orang-orang.

5. Chad : 19


10 Negara Terkorup di Dunia Tahun 2014

Chad, suatu negara di Afrika, memiliki sumber daya minyak yang melimpah. Padahal, minyak saat ini sedang dicari oleh negara-negara maju di dunia. Proyek pipa yang menghubungkan ladang minyaknya ke pantai Atlantic untuk segera diekspor terselesaikan pada tahun 2003, dengan dana $ 4.000.000.000. Namun sayang, proyek ini gagal dikarenakan banyaknya kehilangan-kehilangan barang di jalur tersebut, sehingga akan menyebabkan kebocoran yang tidak sedikit di sepanjang jalan. 

4. Yaman : 18 


10 Negara Terkorup di Dunia Tahun 2014

Dikatakan Yaman kehilangan $ 10.000.000.000 per tahun karena jaringan korup. Kebiasaan korupsi di sini menjadi kendala utama pemerintah dalam memerangi korupsi. Karena uang berbicara begitu keras di sini, prospek nyata bagi akuntabilitas dan reformasi hanya membeli langsung dari meja.

3. Uzbekistan : 17


10 Negara Terkorup di Dunia Tahun 2014

Seorang pejabat non-publik "mempengaruhi" pejabat publik di negara ini merupakan tindakan normal, bukan pidana. Bahkan di negara ini, posisi pemerintah diperjual-belikan untuk penawaran yang paling tinggi. Bagaimana tidak korupsi merajalela di negara ini?


2. Iraq : 16


10 Negara Terkorup di Dunia Tahun 2014

Negara tentu bernasib tidak lebih baik di bawah Saddam Hussein, pada 2008 $ 13.000.000.000 pendapatan minyak Irak dalam perawatan AS tidak benar dikelola, $ 2.600.000.000 dari yang benar-benar belum ditemukan. Dalam empat tahun pertama dari korupsi Perang Irak mengangkat sebanyak 300.000 barel per hari dari industri terbesar Irak. Tujuan perang adalah perubahan dan reformasi, tetapi warisan Hussein berlaku di negara ini di mana pipa minyak tetap solid dan handal, namun saluran pendapatan bocor terus-menerus.

1. Sudan : 11


10 Negara Terkorup di Dunia Tahun 2014


Dan posisi pertama diduduki oleh Sudan. Mengapa bisa dikatakan negara tekorup?
Presiden Sudan, Al-Bashir, didugan memiliki simpanan $ 9.000.000.000 di rekeningnya di bank London, dan seluruh uang tersebut adalah uang negara. Sudan juga terus menangkap orang-orang yang memberikan tuduhan korupsi terhadap pejabat-pejabatnya tanpa bukti yang jelas. Penyuapan dan pemerasan di negara ini seperti sudah mendarah daging, baik itu di masyarakat ataupun di pemerintahan.


Bersyukurlah sobat, Indonesia tidak termasuk 10 negara tekorup di tahun 2014. 

sumber: The Richest
Previous
Next Post »

Budayakan berkomentar setelah menikmati artikel

o Diharapkan tidak mencantumkan LINK AKTIF
o Diharapkan untuk tidak melakukan SPAM
o Diharapkan komentar tidak mengandung SARA, PORNO, dan sejenisnya
o Diharapkan KEPO ke artikel lain :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment