Fakta Tentang Hari Pahlawan 10 November

Fakta Tentang Hari Pahlawan 10 November

Selamat Hari Pahlawan sob! 10 November memang menjadi salah satu tanggal penting di bulan November, ya karena pada tanggal tesebut, hari ini, kita merayakan Hari Pahlawan. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mengingatkan kembali jasa-jasa pahlawan kita dalam memperjuangkan kemerdekaan. Ini dia Fakta Tentang Hari Pahlawan 10 November:


  • Sobat tahu kan 10 November ada sebuah pertempuran di Surabaya. Nah, pertempuran tersebut ternyata dipicu oleh karena kedatangan Belanda, Inggris dan NICA yang ingin menduduki Indonesia setelah merdeka, dan Jepang sudah menyerah kepada Sekutu.
  • Ingat peristiwa hotel Yamato sob? Para pemuda naik ke atas gedung hotel tersebut dengan tujuan satu, menurunkan bendera Belanda dan mengganti dengan bendera Indonesia. Mereka merobek bagian biru bendera Belanda, maka jadilah bendera Indonesia, merah putih.
  • Tanggal 27 November 2014, terjadi perang antara Indonesia dengan tentara AFNEI. Serangan tersebut memakan banyak korban, baik itu dari Indonesia maupun dari Inggris. Lalu Inggris meminta bantuan Ir Soekarno untuk meredakan massa melalui D.C. Hawton. Namun keadaan yang terjadi, di Surabaya semakin memanas.
  • Sobat pasti tahu kan, Brigjen A.W.S Mallaby tewas dalam pertempuran? Ia adalah seorang pemimpin pasukan Inggris di Jawa Timur. Tepatnya saat itu 30 Oktober 1945, pk. 20.30, mobil Buick yang ia tumpangi berpapasan dengan sekelompok milisi Indonesia ketika melewati Jembatan Merah. Kesalahpahaman mengakibatkan tewasnya Brigjen A.W.S Mallaby di tempat. Nah dan mulai saat itulah Surabaya memasuki medan perang.
  • Mayor Jenderal Robert Mansergh memberikan 500.000 ultimatum dalam setiap pesawat Inggris yang melewati Surabaya dan menyebarkannya. Namun ultimatum tersebut tidak dipedulikan oleh arek-arek Surabaya, bahkan mereka malah semakin panas. ultimatum tersebut menyebutkan bahwa semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan di atas. Batas ultimatum adalah jam 6.00 pagi tanggal 10 November 1945, jika tidak Surabaya Akan Digempur melalui Udara, Darat dan Laut.
Fakta Tentang Hari Pahlawan 10 November
  •  Subuh dini hari, 10 November 1945 sekitar pukul 02.30 WIB, seluruh arek-arek Surabaya turun ke medan perang. Bung Tomo dan Gub. Suryo mulai membentangkan Obor dan membakar semangat dan jiwa kepatriotan Surabaya, melalui pidato yang dikeluarkan oleh Bung Tomo: Pidato  Berlegendaris dan Pusaka Untuk Rakyat Surabaya. Bantuan dari Brimob Kediri dan Semarang juga ikut melawan Inggris.
  • Ternyata tokoh-tokoh agama yang terdiri dari kalangan ulama seperti KH. Hasyim Asy'ari, KH. Wahab Hasbullah serta kyai-kyai pesantren lainnya juga mengerahkan santri-santri mereka dan masyarakat sipil sebagai milisi perlawanan. Perlawanan rakyat yang pada awalnya dilakukan secara spontan dan tidak terkoordinasi, makin hari makin teratur.
  • Ternyata Inggris mengakui bahwa baru pertama kali Inggris mendapatkan musuh seberat dan sehebat Rakyat Surabaya, kekuatan dan kehebatan Arek Surabaya bahkan lebih kuat dibanding bangsa Barbar, yang pernah ditaklukan Inggris. 
  • Setelah berakhirnya pertempuran 10 November 1945, seluruh pemuda di Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke, mendengar berita bahwa seluruh Pemuda dan Arek-arek Surabaya bertahan dan berjuang demi kotanya, dan akhirnya berkobarlah seluruh semangat pemuda di Tanah air Indonesia, mulai dari Medan yang sering disebut (Pertempuran Medan Area), di Semarang, di Ambon, di Sulawesi, di Bali dan dimana pun mereka semua bangkit dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Nah itulah dia beberapa Fakta Tentang Hari Pahlawan 10 November. Bagiamana sob, pasti sobat membacanya dengan penuh semangat ya? Mari kita kenang jasa-jasa para pahlawan kita yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

Kami mengucapkan...
Selamat Hari Pahlawan 

sumber: boytriks
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
November 11, 2014 at 8:31 PM ×

jadi keingetan pas acara dua dunia, ceritanya pas ngeliput tugu pahlawan yang ada di surabaya, disitu dicertikana sebagian peristiwa yang pernah terjadi di sana :)

Reply
avatar
aan sabili
admin
November 15, 2014 at 10:42 AM ×

Nice gan. Kunbal nya http://www.aansabily.com

Reply
avatar
SOE
admin
December 19, 2014 at 7:52 AM ×

matep gan articlenya , ini templatenya bagus

Reply
avatar

Budayakan berkomentar setelah menikmati artikel

o Diharapkan tidak mencantumkan LINK AKTIF
o Diharapkan untuk tidak melakukan SPAM
o Diharapkan komentar tidak mengandung SARA, PORNO, dan sejenisnya
o Diharapkan KEPO ke artikel lain :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment