16+8 Makanan Indonesia Terenak

Sebagai warga Indonesia, kita patut berbangga dengan negara kita, sobat. Pasalnya, tidak hanya kekayaan dan wisata alamnya saja yang terkenal di luar negeri, namun juga makanannya. Jangan salah, ternyata makanan-makanan khas Indonesia tidak kalah dengan makanan luar negeri. Jadi bagi sobat-sobat yang senang dan gemar sekali mengonsumsi makanan-makanan luar, ada baiknya sobat mencoba makanan-makanan khas Indonesia yang telah di cap enak oleh CNN.


1. Sambal


16+8 Makanan Indonesia Terenak 

Siapa sangka sambal termasuk makanan terenak bagi orang-orang dunia? Dibuat dari cabai asli yang dipadukan dengan bumbu tertentu, selalu tersedia di hampir seluruh rumah makan di Indonesia. Dengan ditambahkan beberapa bahan-bahan spesial seperti udang, jamur, bawang, membuat makanan ini menjadi makanan yang wajib mendampingi di saat sobat makan.


2. Sate


16+8 Makanan Indonesia Terenak 

Ternyata sate juga menjadi daya tarik Indonesia. Ada beragam daging yang ditawarkan untuk di sate, mulai dari ayam, kambing, hingga kelinci. Beberapa negara ternyata mencoba untuk mengklaim makanan ini adalah makanan khas mereka, tapi biar bagaimanapun makanan ini aslinya adalah dari Indonesia, sobat.


3. Bakso


 16+8 Makanan Indonesia Terenak 

Bakso kini mulai hadir dengan beragam bentuk dan ukuran, bahkan ada yang berukuran besar, sangat besar. Namun hal itu tidak mengurangi rasa yang terdapat pada bakso itu sendiri. Berbahan dasar daging ayam, dan sapi, ternyata makanan yang biasa kita temukan di pinggiran jalan ataupun tukang bakso keliling, menjadi makanan terenak khas Indonesia.


4. Soto


16+8 Makanan Indonesia Terenak 

Makanan tradisional ini biasa juga kita temukan di pinggiran jalan, dibuat dengan sederhana. Namun, soto ini banyak sekali jenisnya, apalagi di Indonesia. Daging yang dipadukan dengan kuah denga bumbu yang sedap menambah cita rasa dari soto itu sendiri, belum lagi setiap jenis soto yang ada di Indonesia hadir dengan kekhasannya masing-masing.


5. Nasi Goreng


16+8 Makanan Indonesia Terenak 

Kalau yang satu ini, tidak perlu diragukan lagi, kalau di luar negeri sobat akan mengenalnya sebagai fried rice. Ya, nasi yang digoreng dengan ditambahkan kecap ini termasuk dalam list makanan terenak.


6. Gado-gado


16+8 Makanan Indonesia Terenak 

Kalau sobat belum mencoba makanan ini, sobat akan menyesal. Karena makanan yang dikatakan terenak ini memang memiliki rasa yang tidak kalah dengan makanan-makanan luar. Beragam sayur dengan dipadukan saos kecap, ditambahkan dengan biasanya telur, tahu, tempe, menjadikannya makanan terenak Indonesia.


7. Nasi Uduk


16+8 Makanan Indonesia Terenak 

Ya, nasi uduk, memang sebenarnya bisa dimakan tanpa adanya lauk. Karena memang memiliki rasa yang gurih sehingga dapat disantap secara begitu saja. Namun, biasanya nasi uduk ditemani dengan ayam goreng, tahu, dan kerupuk sehingga menambah kenikmatan dari makanan ini. 


8. Nasi Padang


16+8 Makanan Indonesia Terenak 

Dari namanya, kita bahkan orang luar negeri pun tahu bahwa makanan ini adalah 100% Indonesia. Biasanya makanan ini hadir bersama dengan ayam, ikan, otak, ataupun lauk-pauk lainnya, dengan ditambah kuah khas padang yang terkenal sangat enak.


9. Ayam Goreng


16+8 Makanan Indonesia Terenak 

Sepertinya makanan ini makanan biasa bagi segenap umat Indonesia, namun makanan ini menjadi makanan terenak Indonesia, sobat. Yang menjadikannya enak dan khas adalah ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Ya walaupun lebih kecil, ayam ini memiliki rasa yang lebih enak dibanding ayam-ayam lainnya. 


10. Bakmi Goreng


16+8 Makanan Indonesia Terenak 

Berbeda dengan mie-mie goreng biasa, mulai dari tekstur, rasa, dan sebagainya menjadikannya sebagai makanan terenak di Indonesia. Biasanya dihadirkan bersama dengan sayuran, telur, dan daging.


Nah, itulah 10 makanan terenak di Indonesia. Bagaimana sobat? Apa sudah cukup referensinya? Kalau belum, saya masih memiliki beberapa yang lainnya yang tidak kalah enak. 


11. Gudeg



16+8 Makanan Indonesia Terenak

Makanan khas Jogja ini memang terkenal karena rasanya yang manis. Dibuat dari salah satu buah, yaitu nangka, membuatnya berbeda dengan makanan lainnya.


12. Rawon




16+8 Makanan Indonesia Terenak

Dibuat dari daging sapi, dengan dipadukan kuah khasnya yang berwarna hitam, memberikan cita rasa khas yang tidak kalah dengan makanan-makanan lainnya. 


13. Pecel Lele



16+8 Makanan Indonesia Terenak

Ternyata lagi-lagi makanan yang biasa kita temukan di pinggir jalan, menjadi salah satu makanan terenak. Hadir dengan ditemani sayur-sayuran, nasi, dan sambal, dan tentunya lele utuh.


14. Opor Ayam

  

16+8 Makanan Indonesia Terenak

Biasanya mulai muncul dan melonjak namanya ketika Lebaran, bahkan di iklan pun ditayangkan. Ayam dengan kuah khas opor membuat rasa makanan ini menjadi makanan yang berbeda dengan ayam-ayam lainnya.


15. Mie Ayam


16+8 Makanan Indonesia Terenak

Sebenarnya hampir serupa dengan bakmi goreng, namun bedanya di sini adalah ditambahkan dengan kuah, dan bakminya tidak digoreng. Dengan daging ayam yang dipotong sedemikian rupa, sayur-sayuran, dan biasanya sambal menambahkan rasa enak dari makanan ini.


16. Babi Guling



16+8 Makanan Indonesia Terenak

Mungkin babi bagi muslim yang menjadi mayoritas di Indonesia merupakan hal yang haram. Namun, ternyata makanan ini juga menjadi makanan terenak. Sobat bisa temukan makanan ini banyak sekali disajikan di Indonesia bagian timur.  


Bagaimana sobat? Semakin lapar? Masih ada 8 lainnya yang menjadi makanan terenak, berikut listnya.


17. Gulai


18. Bubur Ayam


19. Bakpao


20. Asinan Sayur


21. Cah Kangkung


22. Pepes Ikan


23. Pempek


24. Perkedel


25. Martabak




 
Sekian dulu, kalau saya tambahkan mungkin akan menjadi semakin lapar. Jadi, masihkah sobat mengonsumsi makanan-makanan luar? Kalau bisa, ayo kita bawa makanan-makanan tersebut ke luar sehingga mereka semua mengenal Indonesia!

sumber: travel cnn
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Dani Wahyu
admin
September 1, 2020 at 4:20 PM ×

Thanks infonya, menarik banget. Oiya ngomongin makanan, ternyata ada loh seorang pemuda yang rela ngeluarin duit miliaran hanya buat makan siang. Gokil banget sih. Cek kisahnya di sini ya: Wah, pemuda ini gelontorkan Rp 64 miliar buat makan siang

Reply
avatar

Budayakan berkomentar setelah menikmati artikel

o Diharapkan tidak mencantumkan LINK AKTIF
o Diharapkan untuk tidak melakukan SPAM
o Diharapkan komentar tidak mengandung SARA, PORNO, dan sejenisnya
o Diharapkan KEPO ke artikel lain :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment