10 Taman Terindah di Dunia

Pernahkah sobat pergi ke taman? Rasanya sangat nyaman sekali ketika berada di taman, sejuk, tentram. Apalagi jika didampingi dengan seorang yang spesial. Semakin lengkap rasanya hidup kita. Nah kali ini saya akan sharing taman-taman terindah yang ada di dunia, siapa tahu sobat ingin pergi ke sana?


1. Chateau de Versailles (Versailles, Perancis)



10 Taman Terindah di Dunia

Memang tidak ada habisnya bila kita berbicara masalah keindahan di negara satu ini. Salah satunya adalah taman ini. Taman ini ditata oleh seorang desainer terkenal asal Perancis, Andre Le Notre atas perintah dari Louis XIV. Luasnya sekitar 250 hektar, penuh dengan jalan yang akan membawa sobat menuju ke sebuah tempat tidur bunga, di sudut-sudutnya dihiasi dengan patung-patung bernuansa klasik, danau hias, dan sebuah kanal yang digunakan Raja Louis untuk menaiki gondola.


2. Royal Botanic Garden at Kew (Richmond, Inggris)


10 Taman Terindah di Dunia

Luasnya sekitar 132 hektar. Yang menjadi daya tarik dari taman ini adalah adanya green house dalam taman ini. Juga di sana terdapat sebuah botanic garden dan konservasi yang didesain dengan elegan, letaknya sekitar 10 mil dari kota London. Temperate House menjadi greenhouse Victorian terbesar di dunia, di Bonsai House terdapat pohon-pohon dengan umur lebih dari 150 tahun. Tak kalah, di dalam Palm House terdapat zona 10 iklim yang membuat pohon baobab dan anggrek vanilla dapat tumbuh di sana. Queen Charlotte's Cottage sebagai tempat piknik mewah juga terdapat di sana.

3. Powerscourt Gardens (Country Wicklow, Irlandia)


10 Taman Terindah di Dunia

Kali ini tidak jauh dari negara sebelunya, taman terindah yang satu ini terdapat di Irlandia. Kebun dan villa Paladian besar di Powerscourt, selatan Dublin, dirancang pada abad ke-18. Sobat dapat menikmati pemandangan taman paviliun, pohon-pohon yang indah, hingga air terjun. Sobat juga dapat menikmati keindahan dair Gunung Wicklow.


4. Butchart Garden (Kolombia)


10 Taman Terindah di Dunia

Taman ini merupakan salah satu taman dari hasil proyek reklamasi yang telah sukses. Pada tahun 1904, sebenarnya tanah yang telah digunakan bertahun-tahun oleh Portland Cement telah tidak dapat lagi dimanfaatkan sebagai tempat penggalian. Saat itu Jennie Butchart, pemilik dari Portland Cement, mengisi ruang yang kosong tersebut dengan tanah dari tanah peternakan di dekatnya. Dengan luas sekitar 55 hektar, terdapat sekitar 700 macam tanaman yang berbunga mulai dari bulan Maret-Oktober. 


5. Villa d'Este (Tivoli, Italia)


10 Taman Terindah di Dunia

Villa yang terdapat di sini pada awalnya merupakan sebuah biara yang terabaikan. Villa ini dihiasi dengan taman dan air mancur yang terlihat kompleks yang dikatakan paling indah di dunia. Yang menjadi daya tariknya adalah Fontana del Bicchierone dimana air mengalir keluar dari basin yang berbentuk cangkang, air mancur Rometta yang merupakan meniatur Rom lengkap dengan serigala menyusui Romulus dan Remus, dan Avenue of the Hundred Fountains, dimana kepala binatang, bunga lili, perahu kecil, basin, dan sebagainya keluar air dari sana.


6. Dumbarton Oaks (Washington DC, AS)



Di sini sobat dapat melihat ada banyak tanaman merambat yang merambat di dinding-dinding batu, juga terdapat sebuah air mancur di sana. Sobat juga di sini dapat menikmati indahnya amfiteater bergaya romawi yang dibangun di sekitar kolam yang ada di sana. 

7. Gardens of the Villa Éphrussi de Rothschild (St.-Jean-Cap-Ferrat, Perancis)



10 Taman Terindah di Dunia

Pada awak tahun 1900-an, Beatrice Ephrussi, membangun sebuah konfeksi, villa dengan gaya Venice dikelilingi taman. Sobat dapat melewati jalan yang berliku-liku yang melewati 7 taman. Sobat juga dapat melihat kolam dengan bunga lili di sana, dancing fountain, dan juga terdapat Temple of Love, replikasi dari Trianon di Versailles. Ada beberapa taman dengan tema berbeda, Prrovencal Garden yang penuh dengna pohon zaitun dan lavender, Lapidary Garden dengan patung yang besar terpampang di depan villa, dan taman dengan tema Spanyol, Jepang, dan Florentine yang sangat indah.


8. Stourhead (Warminster, Inggris)


10 Taman Terindah di Dunia

Henry Hoare II dengan kebun yang berhiaskan reruntuhan yang telah ditata ulang dan sobat akan melihat adanya bangunan klasik di sana seperti Panthenon dan Kuil Apollo.

9.The Master-of-Nets Garden (Suzhou, Cina)



10 Taman Terindah di Dunia

Taman perumahan yang berada di Cina bagian Tenggara yang disebut Wangshiyuan dirancang selama dinasti Song. Sobat akan dapat melihat paviliun, aula, ruang musik, jajaran bambu yang indah di sana. Di bagian tengah, terdapat tumpukan batu kuning membentuk semacam gunung lengkap dengan goa-goa dan jembatan kecil  yang melintasi kolam untuk mencapai sebuah paviliun kecil di sana.


10. San Souci (Potsdan, Jerman)


10 Taman Terindah di Dunia

Frederick the Great dari Prusia membangun sebuah istana Rococo yang indah sebagai tempat musim panasnya dimana ia dapat hidup tanpa peduli sedikitpun, "san souci". Di sana terdapat patung kaisar Romawi, patung-patung dekoratif,  dan rumah teh Cina dengan alas yang mewah.


 
Nah itulah 10 taman terindah di dunia. Adakah sobat yang pernah mengunjunginya? Atau karena ini malah ingin mencoba ke sana. Ajaklah orang istimewa sobat, pasti akan terasa lebih indah di sana.

sumber: national geographic
Previous
Next Post »

Budayakan berkomentar setelah menikmati artikel

o Diharapkan tidak mencantumkan LINK AKTIF
o Diharapkan untuk tidak melakukan SPAM
o Diharapkan komentar tidak mengandung SARA, PORNO, dan sejenisnya
o Diharapkan KEPO ke artikel lain :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment