Siapa sih yang tidak kenal Starbucks? Kalau sobat rajin nongkrong di Starbucks dari dulu sampai sekarang, pasti ada hal yang berbeda. Jika sobat perhatikan benar-benar, sobat akan melihat sebuah perubahan pada logo Starbucks. Ya, karena tak lama, namun juga tak baru, tahun 2011 silam, Starbucks resmi meluncurkan logo barunya.
Logo Pertama
Versi awal logo Starbucks diperkenalkan pada tahun 1971, karya dari Terry Heckled. Tampak disana gambaran siren berekor dua dalam sebuah lingkaran yang berwarna coklat. Maksudnya ternyata melambangkan kopi yang memiliki efek memperkuat dan kesan menggoda dari kopi itu sendiri.Namun, ternyata logo ini mengundang banyak kontroversi. Bagaimana tidak, karena disana diperlihatkan siren yang bertelanjang dada. Akhirnya dengan terpaksalah direvisi logo tersebut agar tidak menimbulkan kesan yang tidak-tidak.
Logo Kedua
Pada revisi ini, rambut siren diperpanjang menutupi dada si siren. Logo yang direvisi pada tahun 1987 ini membuat sebuah perubahan besar. Yaitu pada warnanya, dirubah total menjadi warna hijau. Maksudnya adalah mengibaratkan pertumbuhan, kesegaran, keunikan, dan kemakmuran dari perusahaan yang berkembang pesat.Namun tetap saja, logo yang sudah direvisi ini mengundang kontroversi. Alasannya karena posisi siren tersebut yang masih tetap memperlihatkan badannya.
Logo Ketiga
Logo ini mengalami revisi pada tahun 1992, dengan menurunkan posisi gambar siren atau lebih terkesan close up. Sehingga hanya memperlihatkan wajah siren, dan hanya sedikit sekali badan siren. Pusarnya pun hilang di logo ketiga ini.Logo Keempat
Logo ini mengalami revisi baru-baru ini terkait dengan ulang tahun Starbucks ke 40. Lalu apa yang berbeda dari logo ini? Pada logo ini, lingkaran dan tulisa Starbucks Coffee dihapuskan. Sehingga hanya memperlihatkan gambar siren yang close up. Tak hanya itu, logo ini dibuat dengan hanya 1 warna, yaitu hijau.Namun lagi-lagi, ternyata logo baru ini mendapat banyak kecaman terutama dari beberapa desainer. Karena logo ini hanya berupa gambar tanpa kata-kata. Ditambah lagi, logo ini dianggap membuat kuat kesan siren itu sendiri.
Makna Logo
Tentu di balik perubahan-perubahannya, Starbucks tidak tanpa alasan mengubah logonya. Terutama logo terakhir ini. Mereka dengan berani menghilangkan kata "coffee" yang memang menjadi identitas mereka.Ternyata Starbucks mulai berpikir ke dunia luar, tidak hanya pada kopi saja. Karena dengan "Out of Coffee", mereka akan dengan bebas berinovasi lebih banyak, dan akan menawarkan produk-produk di luar kopi. Tentunya tanpa menghilangkan esensi mereka, yaitu kopi.
Dikatakan juga, siren yang khas pada logo Starbucks kini sudah tanpa belenggu lingkaran lagi setelah 40 tahun. Dan dengan senyumannya yang khas, akan menyusul brand-brand terkenal lainnya seperti logo centang pada Nike, apel tergigit pada Apple. Logo-logo tersebut sangat sederhana, tanpa nama, namun tetap menjadi nomor 1 di dunia. Itulah yang diincar oleh Starbucks.
sumber: famous logo, giewahyudi
Budayakan berkomentar setelah menikmati artikel
o Diharapkan tidak mencantumkan LINK AKTIF
o Diharapkan untuk tidak melakukan SPAM
o Diharapkan komentar tidak mengandung SARA, PORNO, dan sejenisnya
o Diharapkan KEPO ke artikel lain :) ConversionConversion EmoticonEmoticon