6 Hewan Terpintar Di Dunia

Hai sobat, kali ini saya akan mencoba untuk share suatu hal yang mungkin sudah sering didengar. Mengenai Hewan Terpintar

Jangan salah, ternyata di antara sekian banyak hewan yang ada di bumi, tidak semuanya memiliki kepintaran yang sama. Ada di antara mereka yang memiliki kemampuan-kemampuan khusus terkait dengan kepintaran. Coba kita lihat, 6 Hewan Terpintar tersebut:

  • Simpanse, hampir seperti kita!
Jika kita manusia memiliki kecerdasan, simpanse memiliki beberapa juga. Beberapa penelitian menyatakan bahwa genom manusia setidaknya 98% identik dengan simpanse! Simpanse ternyata dapat membuat dan menggunakan alat-alat, berburu dalam kelompok yang terorganisir dan terlibat dalam tindak kekerasan. Sebuah observasi lapangan dan percobaan laboratorium menunjukkan simpanse memiliki empati, altruisme dan kesadaran diri. Dalam percobaan digambarkan di sini, simpanse lebih baik daripada manusia dalam tes memori angka.

 6 Hewan Terpintar Di Dunia 

  • Lumba-lumba, kreatif!
Sobat tau sedang apa lumba-lumba di bawah ini? Lumba-lumba ini di Australia menggunakan spons untuk melindungi moncong ketika mencari makan di dasar laut. Para ilmuwan mengatakan bahwa itu hanyalah satu tanda kecerdasan lumba-lumba. Tanda-tanda lainnya saya yakin sobat sudah tahu, seperti bunyi peluit yang berbeda dan klik yang dapat digunakan sebagai nama masing-masing lumba-lumba.


6 Hewan Terpintar Di Dunia


  •  Gajah, menunjukkan kesadaran diri
Ukuran tipis dari otak mereka menunjukkan bahwa gajah harus tahu satu atau dua hal tentang cara-cara dunia. Kalau sobat tahu, mereka pernah membantu spesies lain pada saat dibutuhkan, bermain di air dan berkomunikasi dengan satu sama lain melalui getaran dirasakan di kaki mereka. Sebuah hal yang mengejutkan, beberapa peneliti mengatakan, adalah ketika gajah Asia betina bernama Happy mengenali dirinya di depan cermin! Hal ini hanya dapat dilakukan oleh manusia dan beberapa hewan pintar lainnya seperti kera dan lumba-lumba.


6 Hewan Terpintar Di Dunia


  • Cepalopoda, memiliki otak yang besar
Sobat tau cepalopoda kan? Bangsanya seperti gurita, cumi-cumi, sotong, dll. Ternyata mereka adalah hewan invertebrata terpintar di lautan. Otak mereka mengelilingi esofagus, dan memiliki kesamaan dengan otak manusia, yaitu memiliki lipatn-lipatan, lobus-lobus yang kompleks, dan suatu area khusus sebagai pusat penglihatan dan taktil mereka. Ternyata mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, bisa merasakan kebosanan, bisa belajar dan menggunakan beberapa alat. Gurita pada gambar di bawah ini, mengatur otot-ototnya dengan tepat sehingga dapat makan dengan baik.


6 Hewan Terpintar Di Dunia

  • Gagak, hewan licik
Gagak ternyata hewan yang licik. Mereka memanfaatkan bahan-bahan, seperti bulu mereka, ranting, dan beberapa bahan lain untuk menjerat makanan dari tempat yang sulit dijangkau. Sobat tau apa yang dilakukan gagak di bawah ini? Ternyata di sedang mengambil makanan, dengan apa? Dengan menggunakan kawat lurus yang ia bengkokkan menjadi seperti kail. Nama gagak tersebut Betty. 


6 Hewan Terpintar Di Dunia


  • Tupai, si penipu
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ternyata seekor tupai dapat merencakan sebuah 'penipuan' untuk menggagalkan sebuah pencurian. Ya tentu, pencurian terhadap makanan si tupai. Kemampuan ini semakin meningkat ketika tupai mengamati perilaku dan gerak gerik manusia yang akan mencuri kacang mereka. Para peneliti mengatakan bahwa tupai dapat menafsirkan maksud orang. 


6 Hewan Terpintar Di Dunia


sumber: NBC News
Previous
Next Post »

Budayakan berkomentar setelah menikmati artikel

o Diharapkan tidak mencantumkan LINK AKTIF
o Diharapkan untuk tidak melakukan SPAM
o Diharapkan komentar tidak mengandung SARA, PORNO, dan sejenisnya
o Diharapkan KEPO ke artikel lain :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment